Jokowi Persilakan Ibadah Di Istiqlal Asalkan Taat Protokol

Presiden Jokowi mengizinkan umat Islam beribadah atau berkegiatan di Masjid Istiqlal asalkan wajib menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mempersilakan umat Islam untuk beribadah dan berkegiatan di Masjid Istiqlal usai renovasi selesai per Kamis (7/1) hari ini.

Namun Jokowi memberi syarat agar umat Islam menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan virus corona secara disiplin. Dia pun mengingatkan, pandemi Covid-19 ini masih berlangsung.

"Saya mengajak umat Islam yang menggunakan Masjid Istiqlal baik untuk ibadah maupun kegiatan lainnya, mematuhi dan menerapkan dengan disiplin protokol kesehatan dengan ketat," kata Jokowi dalam peresmian renovasi Masjid Istiqlal di Jakarta, Kamis (7/1).

Jokowi menitipkan pesan ke pengelola Masjid Istiqlal untuk selalu menjaga kebersihan dan kerapihan. Ia meminta agar masjid tersebut nyaman digunakan oleh umat Islam.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga berpesan kepada Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar. Jokowi meminta, Istiqlal mengembangkan program dan kegiatan untuk memakmurkan masjid.

"Yang tidak kalah penting, mengembangkan program dan kegiatan yang kreatif sehingga Masjid Istiqlal semakin ramai, semakin makmur, dan didatangi umat sebanyak-banyaknya," ujar Jokowi.

Sebelumnya, Masjid Istiqlal direnovasi mulai Maret 2019. Pemerintah menggelontorkan Rp511 miliar untuk proyek perbaikan masjid.

Renovasi ini jadi kali pertama masjid itu diperbaiki dalam 42 tahun terakhir. Salah satu terobosan yang dilakukan adalah membangun Terowongan Silaturahim yang menghubungkan Katedral dengan Istiqlal.